Apa itu Alat berat ?


Dikutip dari Wikipedia :

Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali.[1] Pemanfaatan alat berat telah dilakukan sejak aman Romawi. Vitruvius dalam bukunya De architectura tercatat menggunakan derek sederhana.

Definisi alat berat tidak hanya pada pekerjaan konstruksi. Dalam pertanian, truk pengangkut, traktor dan sebagainya juga disebut sebagat alat berat.

Jenis- Jenis Alat Berat

Alat Berat Memiliki Beberaja Jenis tergantung fungsi dan kegunaannya, dibawah ini jenis-jenis alat berat :

Dikutip dari sindunesia

Jenis-Jenis Alat Berat – Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melakukan fungsi konstruksi seperti, pengerjaan tanah (earthworking), serta untuk memindahkan bahan bangunan ke tempat lain

Ada lima komponen yang terdapat pada alat berat, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya, serta sistem kendali.

Alat berat merupakan aspek penting didalam suatu proyek, utamanya pada proyek-proyek konstruksi maupun pertambangan dan kegiatan lainnya dengan skala yang besar.

Jenis-jenis alat berat disamping pekerjaan konstruksi juga meliputi pertanian, truk pengangkut, traktor, pertambangan dan kegiatan lainnya dengan skala besar.

  • Asphalt Finisher.
  • Motor Scraper.
  • Motor Grader.
  • Mobile Crane.
  • Pneumatic Tire Roller.
  • Concrete Batching Plant.
  • Tower Crane.
  • Bulldozer.
  • Excavator.
  • Wheel Loader & Track Loader

1. Bulldozer

Bulldozer yaiut alat berat yang umum dipakai untuk pengolah lahan. 

Bulldozer digunakan sebagai alat pendorong material tanah hasil penggalian ke dapan atau ke samping, dan juga untuk membuat timbunan material.

Ada jenis bulldoser khusus yang digunakan untuk pekerjaan di rawa yaitu biasa disebut dengan Swamp Bulldozer.

Bulldozer dapat dibedakan menjadi dua, yakni bulldoser yang menggunakan roda karet (Wheel Tractor Dozer) dan bulldoser yang menggunakan roda kelabang (Crawler Tractor Dozer).

Kekurangan alat ini adalah jarak tempuhnya terlalu pendek/tidak jauh, namun mampu menahan bebean yang sangat berat.

2. Excavator

Excavator adalah alat penggali tanah dan juga dapat digunakan sebagai alatpemindah dan pengangkut material ke dalam truck.

adapun Istilah yang populer untuk jenis alat berat penggali ini adalah Excavator. 

Excavator juga dapat digunakan sebagai alat pengangkut, namun sayangnya tidak dapat digunakan dalam jarak jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *